Semua Ending di game "Papers, Please"!
Halo, Gaes! ๐
Kali ini kita akan membahas semua ending dari game
legendaris "Papers, Please"! ๐ต️♂️✨
Game ini adalah karya Lucas
Pope, yang mengangkat tema unik tentang kehidupan sebagai petugas imigrasi di
perbatasan negara fiksi bernama Arstotzka. Dalam game ini,
Anda harus memeriksa dokumen, membuat keputusan moral, dan menghadapi dilema
yang tak terduga—semua sambil menjaga keselamatan keluarga dan reputasi Anda.
Setiap keputusan yang Anda ambil dapat membuka berbagai akhir cerita yang seru, dramatis, atau bahkan tragis. Jadi, siapkah Anda mengetahui semua kemungkinan nasib sang Inspektur? ๐ฎ๐
Mari kita mulai perjalanan mendalam ini dan temukan rahasia di balik 20 ending berbeda dalam "Papers, Please"! ๐
20 Ending di Game Papers, Please
Ending 1 dari 20
Bagaimana: Inspektur mengalami utang (memiliki saldo negatif di akhir hari). Ending ini juga dapat terjadi pada versi beta terbaru.
Kapan: Semua hari - 1 hingga 31
Ending 2 dari 20
Bagaimana: Seluruh keluarga inspektur meninggal karena inspektur gagal menyediakan makanan, panas dan/atau obat-obatan untuk keluarganya.
Kapan: Hari ke 4 – 31
Ending 3 dari 20 (Rekomendasi)
Bagaimana: M. Vonel, seorang investigator MOI, mengunjungi stan pada hari ke-12 untuk menanyakan informasi tentang The Order of the EZIC Star. Jika inspektur memberinya dokumen EZIC yang diterima sebelumnya, ia akan langsung ditangkap karena dicurigai bekerja dengan EZIC.
Kapan: Hanya hari ke 12.
Catatan:
- Corman Drex dan Pembawa pesan EZIC akan memberikan dokumen EZIC kepada Inspektur pada hari ke-8 atau 9 dan 10.
- Mendapatkan ending ini akan membuka Too Honest achievement.
Ending 4 dari 20 (Rekomendasi)
Bagaimana: Seorang pria asing membawa 1000 kredit di penghujung hari ke-11. Inspektur dapat mengambil atau membakarnya. Jika uang dibakar, pria tersebut membawa 2000 kredit di hari ke-12. Jika salah satu dari hadiah ini diterima atau tidak dibakar, para tetangga akan melaporkan inspektur dan tabungannya akan disita di hari ke-13 sambil menunggu penyelidikan. EZIC kemudian akan mencoba membantu inspektur dengan mengirimkan agen untuk mengganggu penyelidikan. Jika agen tidak diizinkan masuk di hari ke-14, M. Vonel akan menangkap inspektur di awal hari ke-15.
Ending 5 dari 20
Bagaimana: Dipicu jika inspektur menembak seorang pengamat (yaitu seseorang yang bukan penjaga atau penyerang) dengan senapan runduk.
Kapan: Mungkin mulai hari ke-23 saat senapan runduk tersedia.
Ending 6 dari 20
Bagaimana: Dipicu jika inspektur menembak seorang pengamat (yaitu seseorang yang bukan penjaga atau penyerang) dengan senjata bius.
Kapan: Mungkin mulai hari ke-16 saat senjata bius tersedia.
Ending 7 dari 20
Bagaimana: Dipicu jika inspektur menembak penjaga dengan senapan runduk.
Kapan: Mungkin mulai hari ke-23 saat senapan runduk tersedia.
Ending 8 dari 20
Bagaimana: Dipicu jika inspektur menembak seorang penjaga dengan senjata bius.
Kapan: Mungkin mulai hari ke-16 saat senjata bius tersedia.
Ending 9 dari 20
Bagaimana: Inspektur menembak pria berbaju merah dengan senapan runduk saat EZIC melakukan pengalihan.
Kapan: Hanya pada hari ke 23.
Ending 10 dari 20
Bagaimana: Inspektur menembak pria berbaju merah dengan pistol bius saat EZIC melakukan pengalihan.
Kapan: Hanya pada hari ke 23.
Ending 11 dari 20 (Rekomendasi)
Bagaimana: Pengawas MOA memeriksa stan pada hari ke-10, 20, dan 30. Jika ia menemukan hiasan dinding yang tidak sah (foto keluarga, Panji Arskickers, atau Gambar Anak), ia akan memberikan denda dan peringatan kepada inspektur. Jika ia menemukan masalah untuk kedua kalinya, ending ini dipicu dan inspektur dijatuhi hukuman kerja paksa.
Kapan: Hanya pada hari ke-30. Peringatan mungkin diberikan pada hari ke-20.
Ending 12 dari 20
Bagaimana: Jika inspektur menahan Shae Piersovska pada hari ke-25, pengawas MOA akan menangkap inspektur keesokan paginya.
Kapan: Penangkapan dilakukan pada hari ke-26, tetapi keputusan untuk menahannya (atau menolak atau mengizinkannya masuk) dibuat pada hari ke-25.
Ending 13 dari 20
Bagaimana: Inspektur harus menyelesaikan kurang dari empat tugas EZIC. Selama serangan pada hari ke-31, inspektur menembak penyerang yang lebih rendah dan membiarkan penyerang lainnya meledakkan tembok. Keesokan harinya, inspektur ditangkap karena gagal mempertahankan perbatasan.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Ending 14 dari 20
Bagaimana: Inspektur harus menyelesaikan setidaknya empat tugas EZIC. Seorang utusan EZIC akan tiba pada hari ke-31 dan memberi tahu inspektur untuk menahan tembakannya. Jika inspektur memutuskan untuk tetap menembak para penyerang dan tembok tetap utuh, ending ini akan dipicu keesokan paginya.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Ending 15 dari 20
Bagaimana: Inspektur harus menyelesaikan setidaknya empat tugas EZIC yang diberikan sepanjang permainan. Seorang utusan EZIC akan tiba pada hari ke-31 dan memberi tahu inspektur untuk menahan tembakannya selama penyerangan. Jika inspektur menembak setidaknya satu penyerang (dan tidak ada orang yang lewat) tetapi temboknya diledakkan, ending ini langsung dipicu. EZIC mengambil alih dan nasib inspektur tidak diketahui.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Ending 16 dari 20
Bagaimana: Inspektur melarikan diri ke Obristan sendirian atau bersama beberapa (tetapi tidak semua) anggota keluarganya yang masih hidup. Nasib anggota keluarga yang tertinggal tidak diketahui.
Kapan: Mungkin pada akhir hari ke-29, 30, dan 31 jika inspektur memiliki setidaknya 25 kredit yang tersedia.
Ending 17 dari 20
Bagaimana: Inspektur harus menyelesaikan satu hingga tiga tugas EZIC yang diberikan sepanjang permainan. Pada hari ke-31, tembok harus tetap utuh (yaitu kedua penyerang EZIC harus dinetralkan) dan inspektur tidak boleh melarikan diri ke Obristan setelahnya. Hubungannya dengan EZIC kemudian ditemukan dalam audit informasi dan dia dihukum mati.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Ending 18 dari 20
Bagaimana: Inspektur melarikan diri ke Obristan bersama seluruh anggota keluarganya yang masih hidup. Untuk mendapatkan ending ini, inspektur harus menyita cukup banyak paspor dari warga Obri (secara ilegal). Ending cerita ini tidak mengharuskan seluruh keluarga inspektur masih hidup, jadi ending ini dapat dicapai meskipun hanya satu anggota keluarga yang masih hidup dan melarikan diri bersama inspektur.
Kapan: Kemungkinan pada akhir hari ke-29, 30, dan 31 jika inspektur memiliki setidaknya satu paspor Obristan dan 25 kredit per anggota keluarga yang tersedia.
Ending 19 dari 20 (Mendukung EZIC)
Bagaimana: Inspektur harus menyelesaikan setidaknya empat dari lima tugas EZIC yang diberikan sepanjang permainan. Seorang utusan EZIC akan tiba pada hari ke-31 dan memberi tahu inspektur untuk menahan tembakannya. Penyerang EZIC meledakkan tembok perbatasan dan EZIC memperoleh kekuatan. Jika dia tidur di akhir hari ke-31, mereka menjadikan inspektur sebagai agen mereka dan memindahkan keluarganya ke apartemen yang lebih baik.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Ending 20 dari 20 (Mendukung Artozka)
Bagaimana: Inspektur tidak boleh menyelesaikan tugas EZIC yang diberikan selama permainan. Pada hari ke-31, ia harus menetralkan atau membunuh kedua penyerang EZIC dan tidak boleh melarikan diri ke Obristan setelahnya. Keesokan paginya, audit informasinya hanya menunjukkan pelanggaran kecil dan ia diizinkan untuk kembali bekerja. Kesepakatan dengan Kolechia tercapai dan pos pemeriksaan akan dibuka kembali pada tanggal 1 Januari. Ini adalah satu-satunya ending yang akan membuka kode untuk mode tanpa akhir.
Kapan: Hanya pada hari ke-31.
Tugas EZIC | Tembok Hancur | Menembak Agent | Kemungkinan Melarikan di ke Obristan | Hasil |
---|---|---|---|---|
0–3 | Tidak ada | Tidak / Menembak agent diatas saja | Tidak | Instant death: Booth blown up. |
0–3 | Ya | Ya | Ya | Ending 13 |
1–3 | Tidak | Ya | Ya | Ending 17 |
0 | Tidak | Ya | Ya | Ending 20 |
4–5 | Tidak | Ya | Ya | Ending 14 |
4–5 | Ya | Ya | Tidak | Ending 15 |
4–5 | Ya | Tidak | Tidak | Ending 19 |
Itulah semua ending dari "Papers, Please" yang penuh dengan drama, keputusan sulit, dan konsekuensi yang nggak terduga. ๐ฎ✨ Setiap pilihan kalian di game ini benar-benar menentukan jalan cerita dan nasib sang inspektur.
Jadi, sudahkah kalian mencoba semua ending-nya? Atau mungkin punya ending favorit yang paling berkesan? Jangan ragu buat share pengalaman kalian di kolom komentar ya! ๐๐ฌ
Glory to Arstotzka! ๐ฆ๐ท๐ Sampai jumpa di artikel selanjutnya, gaes! ๐
Post a Comment